Sejarah

Dulunya wilayah RW 21 adalah keseluruhan merupakan wilayah RT 01 RW II Kel Surau Gadang Kec Nanggalo Kota Padang . Ketua RT bpk Musdiwar.BA dan Sekretaris Drs. Yanli. Terdiri dari 40 KK dgn 194 org warga. Saat itu dibidang keagamaan , warga RT 01 melakukan ibadahnya ke Masjid Surau Gadang dan Janatul makwa pondok kopi .
Sekian lama warga merasakan perlunya sarana ibadah yaitu Masjid. Dalam acara arisan warga RT 01 thn 1992, tercetuslah keinginan warga utk membangun sebuah masjid. Kendala nya waktu itu adalah faktor tanah utk lokasi pembangunan masjid . Dari berbagai usulan waktu itu, bpk Husin bersedia meminjamkan tanah saudaranya yg terletak disebelah rumahnya jln Teknologi IV. waktu itu warga setuju. Mengingat nantinya apabila tanah tsb akan dibangun oleh pemilik tanah, tentu bangunan masjid terpaksa dibuka .

Waktu itu Bpk Zulfadli Syarief berusaha menghubungi temannya yaitu BP. Ir. Hanif Muchtar. MS dan Bp. Ir. Syafridfin yg punya tanah dijalan Teknologi VI tempat berdirinya masjid sekarang. Melalui rapat waktu arisan di rumah Bp Basrizal KA dibentuklah Panitia Pembangunan Masjid yg diketuai oleh bp Drs. Khairul Sayuti dgn sekretaris Drs Yanli. Nah pada saat arisan dirumah bp Israr di jln sosiologi I dirancanglah nama madjid. Dari 3 nama yg diusulkan yaitu Ashriah, Al hijrah, dan Al Qadar , didapat kesepakatan utk memakai nama Al Qadar. Setelah urusan pembelian tanah selesai dan pembayarannya dilakukan melalui lelang permeter oleh Warga bahkan ada yg menyumbangkan emas, kayu dan lainnya dimulailah membangun dengan masjid sementara dari papan, menjelang dibangun yg permanennya.

Setelah selesai masjid Al Qadar yang sementara dimulailah kegiatan ibadah sholat . Waktu itu pernah dikunjungi Walikota Padang, Bp Syahrul Ujud, SH., dalam tim Ramadhan Kota Padang. Sekian lama ditempati, mulailah dirancang bangunan yg permanen. Peletakan batu pertamanya oleh Bpk Syahrul Ujud, SH.

bersambung……